Oktober 25, 2021

Zulfri Madi ; Program PTSL Desa Pangian Barat Tak Ada Masalah

BOLMONG – Pjs Sangadi Pangian barat kecamatan Passi timur Zulfri Madi mengklarifikasi terkait pemberitaan salah satu media online adanya protes salah satu warganya terkait biaya Pengurusan sertifikat pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL)

Menurut Zulfri pemdes Pangian barat mendapatkan Program PTSL ini melalui beberapa tahapan mulai dari pendataan calon penerima manfaat , selanjutnya di lakukan pengukuran oleh pihak BPN dengan di dampingi  perangkat desa ke objet tanah yang akan di buatkan sertifikat.

Nah, Dalam proses tahapan lapangan tersebut pemdes bekerja siang dan malam tanpa mengenal lelah karena untuk kepentingan masyarakat.

Lebih lanjut kata Zulfri, Setelah memenuhi beberapa persyaratan, pemdes menyerahkan dokumen calon penerima manfaat PTSL ke Badan pertanahan negara (BPN) kabupaten bolmong untuk di verifikasi lebih lanjut.

Kerja keras pemdes Pangian barat akhirnya berbuah hasil, Sebanyak 143 objet tanah berhasil mendapatkan sertifikat tanah dari Badan pertanahan negara Bolmong.

Masih menurut Zulfri, Dalam proses penyerahan sertifikat PTSL tersebut oleh masyarakat penerima mereka memberikan uang sukarela tanpa paksaan dan bersifat tidak wajib karena oleh mereka uang tersebut di berikan secara ikhlas, ” terangnya.

Zulfri pun menyebut meskipun tidak memberikan uang sukarela sertifikat tetap akan di berikan karena itu haknya penerima.

Hal ini di perkuat oleh salah satu penerima manfaat yang meminta namanya tidak di publish.

” Saya adalah salah satu penerima program PTSL dan selama ini saya dan penerima lainnya tidak merasa keberatan terkait uang suka rela yang kami berikan, Bagi kami uang 100 ribu tidak sebanding dengan kerja keras pemdes Pangian barat dalam pengurusan program ini, ” kata sumber.

Lanjut sumber, kami tahu biaya sertifikat jika di urus sendiri biayanya mahal bahkan mencapai jutaan rupiah, sehingga kami sangat berterima kasih kepada pemdes Pangian barat terutama kepada Sangadi Zulfri Madi karena mau berjuang mendapatkan program PTSL ini , ” tutup sumber.

Di ketahui Zulfri Madi sudah menjabat lebih dari satu tahun sebagai Pjs. Sangadi Pangian barat, meski hanya berstatus PJs namun jiwa dan semangat membangunnya oleh warga masyarakat Pangian barat di nilai sukses dalam memimpin, baik dalam segi pembangunan, kemasyarakatan dan pemerintahan.* ( AK)