Oktober 19, 2021

Wujud Nyata Aspirasi H2M, Masyarakat Bolmong Nikmati Program ABSAH

BOLMONG,JurnalBMR.com- Tim Support Hi Herson Mayulu SIP, bersama perwakilan balai wilayah sungai Sulawesi 1 menggelar sosialisasi Program AKuifer Buatan Simpanan Air Hujan (ABSAH) melalui program Padat Karya Tunai (PKT/cash for work) di Desa Amertha buana, Kecamatan Dumoga Timur Kabupaten Bolaang Mongondow tahun anggaran 2021.

Progam ABSAH merupakan aspirasi anggota komisi V DPR RI,Hi Herson Mayulu,S.Ip di empat lokasi terbesar dikabupaten Bolaang Mongondow Salah satunya  di desa Amertha buana.

Hal ini Sebagaimana yang di sampaikan anggota Tim Support H2M Uin Mokodompit kepada Media Ini, Jumat (1/10/2021),

Uin Menyampaikan, pembangunan Akuifer Buatan Simpanan Air Hujan (ABSAH) untuk mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dampak Pandemi COVID-19. Pada TA 2021, pembangunan infrastruktur ABSAH dilaksanakan melalui Program Padat Karya Tunai (PKT/cash for work) di 4 lokasi. “Program PKT dilaksanakan melalui pembangunan infrastruktur yang melibatkan masyarakat/warga setempat sebagai pelaku,,” katanya

Menurutnya, Infrastruktur ABSAH utamanya dibangun di daerah kering untuk menampung air hujan sebagai sumber air baku bagi masyarakat.” Inovasi ini dinilai sangat membantu penyediaan air bersih dan air minum bagi masyarakat yang bersumber dari air hujan dengan memenuhi baku mutu untuk layanan standar kebutuhan air baku minimal.”Ucap Uin

Uin berharap,teknologi ABSAH juga turut membantu masyarakat di daerah susah air khususnya di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi akibat Pandemi COVID-19. Sehingga masyarakat akan terbantu secara sosial maupun ekonomi karena tidak harus membeli air (memanfaatkan air hujan)

Teknologi ABSAH adalah infrastruktur penyediaan air baku mandiri dengan menampung air hujan dalam tampungan yang disaring dengan media akuifer buatan (kerikil,pasir, bata merah,batu gamping, ijuk, dan arang).” Tutup Uin.(Muklas)