Januari 19, 2022

Welly Lewan, Pemilik Sah Lahan Rumagit Belum Kantongi Salinan Putusan Mahkamah Agung

BOLMONG,JurnalBMR.com- Pengadilan negeri Kotamobagu telah menyelesaikan sidang kasus  sengketa tanah potolo-rumagit yang telah sidangkan pada medio 2019 lalu. Pada Amar putusan PN kotamobagu tersebut Welly lewan (50an) warga tungoi satu kecamatan Lolayan dinyatakan secara de facto dan de jure berhak atas kepemilikan tanah potolo-rumagit sebagaimana yang telah di perkarakan.

Menariknya hingga saat ini salinan putusan Mahkamah agung RI belum juga di kantongi oleh Welly lewan selaku pemilik tahan sah, padahal putusan pengadilan negeri kotamobagu sudah hampir 3 tahun.

Kepada media ini Welly lewan mengatakan, Bahwa hingga saat ini dirinya belum mengantongi salinan putusan dari Mahkamah agung, Padahal  salinan putusan tersebut sangat berarti bagi dirinya dan keluarga untuk lebih meyakinkan ke publik bahwa kepemilikan tanah Rumagit sebagaimana yang di perkarakan secara sah adalah miliknya.

” Saya belum kantongi padahal putusannya sudah hampir tiga tahun, Padahal Saya sudah cari lewat internet salinan putusan perkara saya sudah ada, ” Ucap Welly.

Diketahui pengadilan negeri Kotamobagu telah mengajukan permohonan penerbitan salinan putusan kepada Mahkamah agung dengan nomor register perkara 1245 K/PID/2019.

Salinan putusan pengadilan hanya diberikan pengadilan kepada para pihak yang berperkara. Hal ini sesuai ketentuan Pasal 52A ayat (2) UU No. 49 Tahun 2009 tentang Perubahan Kedua atas UU No. 2 Tahun 1986 tentang Peradilan Umum (“UU 49/2009”), yang menyatakan:Pengadilan wajib menyampaikan salinan putusan kepada para pihak dalam jangka waktu paling lambat 14 (empat belas) hari kerja sejak putusan diucapkan.*(AK)