Oktober 25, 2021

Warga Langagon Kecewa Namanya Di Duga Di Coret Dari Penerima BLT

BOLMONG,JurnalBMR.com- BLT atau bantuan langsung tunai adalah bantuan uang kepada warga masyarakat yang terdampak Covid 19, Program ini di nilai sangat membantu apalagi di saat masa pemberlakuan PPKM seperti sekarang ini.

Namun sayang bantuan langsung tunai tersebut tak sepenuhnya di rasakan oleh warga masyarakat karena namanya di hapus dari daftar penerima.

Seperti yang di alami BT warga langagon kecamatan bolaang kabupaten bolaang Mongondow. Kepada JurnalBMR.com dia mengatakan bahwa namanya termasuk salah satu penerima BLT yang bersumber dari dana desa, Terbukti dirinya sempat menerima BLT tersebut pada bulan April lalu dengan rincian bulan ke 4. namun tanpa alasan yang jelas saat ini namanya di coret dari kelompok penerima manfaat BLT DD.

Pernyataan BT tersebut di perkuat oleh ibunya yakni Tanti Mokodompit,

“Alasan mereka sudah dikeluarkan dari daftar penerima tetap BLT DD 2021. Kalau anak saya dikeluarkan kenapa masih terima sampai bulan April lalu,” ucap Tanti mokodompit.

Ia mengatakan, jika alasan lagi pemerintah desa ada pengurangan, itu tidak masuk akal. Sebab anaknya sudah masuk sebagai penerima tetap BLT DD 2021, setelah dilakukan pengurangan.

Untuk itu, ia meminta kepada pemerintah kabupaten dan pihak berwajib untuk menelusuri penyaluran BLT DD di desa Langagon.

“Saya harap aparat telusuri penyaluran BLT DD dikampung saya,” tegas Tanti, yang juga mantan Ketua BPD desa Langagon.

Saat dikonfirmasi kepada Sekretaris desa (Sekdes) Langagon Oskar Monoarfa enggan memberikan komentar lebih.
“Maaf tanya langsung ke Sangadi saja,” katanya Saat ditanya apakah ada pengurangan, ia mengungkapkan setahunya tidak ada pengurangan.

“Tetap 58 orang penerima, hanya di bulan Mei ada pergantian nama melalui Peraturan Sangadi (Persang),” “tambah Sekdes.

Ketika di konfirmasi Sangadi Langagon Adun Potabuga meluruskan tudingan warganya tersebut.

” Tidak ada pencoretan nama penerima BLT, Yang benar adalah pengurangan karena ada pertimbangan lain misalnya bantuan di salurkan atau di prioritaskan kepada para Lansia, ” Kata adun.

Adun menambahkan bahwa pengurangan penerima BLT terjadi hampir di semua desa di Bolmong sehingga pemdes langagon mempertimbangkan jika yang di prioritaskan adalah mereka yang sudah berusia lanjut atau lansia.

Nantinya kata Adun jika anggaran covid sudah 100 persen memungkinkan maka semua akan di akomodir. Pemdes berharap agar semua masyarakat dapat menerima bantuan BLT ini tapi kerena anggaran terbatas maka pemdes lebih memprioritaskan yang lansia, Intinya kita yang muda muda ini masih kuat mencari nafkah apa salahnya kita berikan saja kepada mereka yang sudah lansia, ” Jelas adun.

Dikonfirmasi kepada Kepala Dinas PMD melalui Kepala Bidang Pemerintahan desa Isnaidi Mamonto menjelaskan jika untuk perubahan penerima bisa. Tapi itu harus dilakukan lewat musyawarah desa (Musdes) khusus.

Selanjutnya dituangkan di dalam berita acara dan ditetapkan melalui peraturan sangadi. Meski begitu, kata Mamonto, untuk pengurangan memang dibenarkan, tapi harus ada dasar utamanya, apa?

Contoh kata Mamonto, dia terakomodir di penerima BST, atau dari segi ekonomi dia sudah mampu atau mapan.
“Itu semua diputuskan lewat MusdesĀ  khusus. karena yang paling tahu kondisi ada di desa tersebut,” ulasnya.

Sementara itu BT penerima yang di duga namanya di coret ini mengatakan jika dibilang alasan dirinya mampu sampai dengan saat ini ia masih menumpang dirumah orang tua.

“Tempat tinggal saja, saya masih tinggal dirumah orang tua. Bahkan ada penerima yang saya lihat sudah mampu. Toh menerima BLT DD? Selanjutnya saya bukan penerima BST pusat, jadi alasan mereka tak masuk akal,” imbuhnya.

BT mengungkapkan, ini sengaja namanya dikeluarkan dari penerima bantuan.”Saya tidak tahu alasan sampai saya dikeluarkan dari penerima bantuan BLT DD,” tandasnya.

kalau memang di prioritas kan bagi lansia saya minta Sangadi terbuka soal 58 orang penerima BLT DD 2021, sebab setahu saya kebanyakan penerima masih usia produktif dan muda – muda.
” Saya curiga ini faktor ketidaksukaan kepada kami,” Tutup BT *( Asko)