Januari 19, 2022

Terinspirasi Tutorial YouTube, Sangadi Purworejo Timur Berikan Contoh Pembuatan Alat Penabur Pupuk

BOLTIM,JurnalBMR.com – Kepala desa Purworejo Timur, Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur ( Boltim).berhasil membuat alat penebar pupuk dari bahan-bahan sederhana, sehingga memudahkan petani untuk memupuk tanaman, bahkan petani yang sudah lanjut usia.Tujuanya untuk menyebar pupuk di tanaman mereka.Sebagaimana yang disampaikan Jamaluddin Bahas Kepala desa Purworejo Timur, Kepada media ini.Senin (29/11/21).

Katanya,Ini bisa membantu para petani Yang ada di desa Purworejo Timur.” Ini alat untuk menyebar pupuk pada tanaman. Idenya muncul karena petani di kampung saya banyak yang usia lanjut, merasa pinggang sakit jika memupuk. Jadi, dengan alat ini bisa membantu,” katanya

Ia menjelaskan, alat berbentuk lonjong ini dibuat dari bahan-bahan sederhana seperti dari pipa pralon, bahkan ada yang merupakan barang bekas. “Awalnya, pipa dengan ukuran 2 inci, dipotong dengan panjang sekitar 1meter . Lalu pipa 3/4 15 cm dan pipa 1/2 cm 20 cm yang dibuat dengan lubang yang sama, untuk jalur pupuk. Setelah semua selesai dilubangi, direkatkan dengan paku agar tidak mudah bergerak.” Jelasnya.

Ketika di tanya soal pembuatan alat penyebar pupuk ini termotivasi dimana, Ini hanya saya lihat di YouTube dan saya berniat untuk membuat alat ini dan saya berikan kepada masyarakat saya.” Saya serahkan ini kepada masyarakat petani agar mereka tidak susah untuk menebar pupuk di tanaman mereka.” Tutupnya*(Muklas)