Oktober 22, 2021

Sangadi Lanud : Lokasi PETI Di Desa Lanud Akan Segera Di Tertibkan

BOLTIM,JurnalBMR.com- Lokasi pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI), di wilayah Desa Lanud Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, akan segera di tertibkan Pemerintah desa lanud.

Pasalnya, Selain tidak mengantongi izin, lokasi pertambangan Emas Tanpa Izin PETI, Ini dianggap merusak lingkungan, karena belum ada kajian dari DLH (Dinas lingkungan hidup) Boltim terkait aktivitas di lokasi pertambangan tersebut.

Demikian pernyataan Kepala Desa Lanud, Stedi Donal Mumek, saat bersua dengan media ini pada senin 19/07/2021 di Kantor Kecamatan Modayag. Di katakannya Pemerintah Desa akan turun meninjau lokasi PETI di wilayahnya.

“Dalam waktu dekat ini kami akan turun mengecek langsung aktivitas PETI di luar wilayah KUD Nomontang yang tak kantongi izin,” kata Mumek

Dia menambahkan, lokasi yang tak berizin akan di tindak dan di proses secara hukum karena tidak mengantongi izin usaha maupun izin linkungan.

“Nanti kami akan turun dengan tim gabungan beberapa instansi terkait, maupun Aparat Penegak Hukum. Jika nanti terbukti, maka pastinya akan segera di tertibkan,” tegas Mumek.

Dirinya  mengaku sudah mengidentifikasi oknum yang melakukan usaha aktivitas di lokasi PETI tak berizin tersebut.

“Kami sudah tahu ada pertambangan diluar izin, kami akan segera turun untuk menertibkannya,” urainya.

Di ketahui Desa Lanud Kecamatan Modayag, memiliki 215 Hektare pertambangan yang mengantongi izin dibawah naungan KUD Nomontang.

Sementara ada tiga titik lokasi yang tidak masuk wilayah KUD. ke tiga wilayah tersebut yakni Tompuyatan, Pintu Besi, dan Talugon, ” Tutupnya.(Mukhlas)