Oktober 22, 2021

Polres Bolmong Dan Instansi Terkait Tertibkan PETI Di Totabuan

BOLMONG,JurnalBMR.com- Terkait pemberitaan di beberapa media tentang maraknya kegiatan penambangan ilegal di desa Totabuan Kecamatan Lolak Kabupaten Bolmong mendapat perhatian serius dari Kapolres Bolmong AKBP Dr. Nova Irone Surentu, SH. MH.

Pada Rabu, 8 September 2021 Kapolres Bolmong menerjunkan personelnya utk menyelidiki, menindak sekaligus mengadakan penegakan hukum terhadap oknum masyarakat yang melakukan kegiatan penambangan secara Ilegal di wilayah tersebut.

Tim Gabungan yg dipimpin oleh Kabag Ops AKP M. ALI TAHIR, SH yang  berjumlah 36 orang terdiri dari Personel Polres Bolmong bersama beberapa Instansi terkait antara lain Dinas ESDM, Dinas Lingkungan Hidup dan Perijinan tersebut  mulai bergerak pukul 09.30 Wita yang diawali dengan Apel di Mapolsek Lolak.

Pada apel tersebut Kabag Ops memberikan arahan dan selanjutnya Tim langsung menuju ke lokasi.

Setibanya di lokasi PETI di desa  Totabuan Tim mengadakan pemantauan secara langsung namun tidak ditemukan adanya kegiatan baik masyarakat  penambang secara ilegal maupun alat berat / excavator yg beroperasi secara ilegal.

Tim kemudian mengecek keberadaan beberapa alat berat jenis Excavator yg beroperasi ternyata adalah milik PT. MONUMEN ENERGY NASIONAL (MEN) selaku pemegang Ijin Usaha Pertambangan (IUP) jenis mineral logam dan hal tersebut sesuai data yg tercatat di Dinas Perijinan Kab. Bolmong.

Menurut Kapolres Bolmong walaupun dalam kegiatan operasi/penertiban kali ini tidak ditemukan kegiatan penambangan ilegal namun Kapolres menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan penambangan secara ilegal baik di desa Totabuan maupun di tempat lain dalam wilayah hukum Polres Bolmong.

“Setiap pelanggaran hukum terkait penambangan ilegal pasti akan kami tindak tegas” tutup Kapolres.*(Asko)