Oktober 22, 2021

Penyembelihan Hewan Kurban Di Motoboi Kecil Tertinggi Di Kotamobagu

KOTAMOBAGU,JurnalBMR.com- Meskipun dalam suasana pandemi covid 19, Penyembelihan hewan kurban pada perayaan hari raya idul adha 1442 Hijriah di kelurahan motoboi kecil kecamatan Kotamobagu selatan berlangsung aman dan tetap mematuhi protokol kesehatan ketat.

Pantauan jurnalBMR.com penyembelihan hewan kurban ini di laksanakan di lapangan aruman motoboi kecil, dan untuk mengantisipasi penyebaran virus covid 19 setiap warga di wajibkan untuk menggunakan alat prokes Covid-19.

Lurah motoboi kecil Rutman lantong SE di konfirmasi media ini mengatakan untuk perayaan idul adha 1442 H tahun ini ada 36 hewan kurban yang di sembelih, Dengan rincian 30 ekor sapi dan 6 ekor kambing.

Jumlah hewan yang di sembelih tersebut berasal dari sumbangan kelompok dan perorangan, 13 ekor di serahkan oleh kelompok 7 yang berjumlah 13 orang, 13 ekor di sumbangkan oleh perorangan, 2 ekor dari kelompok penambang, 2 ekor sapi dari kelompok pengajian, sedangkan 6 ekor kambing sumbangan dari perorangan.

Jumlah ini kata Rutman hanya yang terdaftar di panitia, sedangkan yang tidak terdaftar ada sekitar 20 an ekor yang di sembelih di rumah masing-masing, artinya jika di hitung semua tahun ini ada sekitar 50 an ekor hewan kurban yang di sembelih di kelurahan motoboi kecil dan yang terbanyak di Kotamobagu, “Kata Rutman.

Rutman menambahkan antusias dan semangat berkurban di kelurahan motoboi kecil sudah terbangun sejak tahun 2003 dan itu yang di ikuti secara turun temurun oleh pemerintah sekarang.

Tahun 2020  lalu kami memprediksi hewan yang di kurban hanya sedikit karena pandemi Covid 19, Tapi di luar dugaan ada 36 ekor hewan yang di sembelih, itu juga yang terjadi tahun ini awalnya kami perkirakan tak sampai 10 ekor dan ternyata dugaan kami meleset karena semangat berkurban tak bisa di kalahkan oleh virus Corona, ” Ucap Rutman.

Lebih lanjut Rutman mengucapkan terima kasih kepada umat muslim yang telah ikhlas berkurban, Insya Allah bernilai ibadah dan kepada yang berhak meneriman mudah-mudahan mendapatkan hidayah dari Allah SWT, “tandasnya.

Penyembelihan hewan kurban di kelurahan motoboi kecil ini turut di hadiri oleh asisten II Setda kotamobagu Ny Rafika bora SE, Anggota DPRD Kotamobagu Rewi daun, lurah motoboi kecil, Babinsa, babhinkantibmas, dan panitia kurban.

Sementara itu berdasarkan data yang ada di panitia kurban, hewan yang di sembelih akan dibagikan kepada 628 umat muslim yang berhak menerima yang tersebar di wilayah kelurahan motoboi kecil.* ( Asko)