Oktober 22, 2021

Pemkot Kotamobagu Raih Kota Layak Anak Dari Kementrian PPPA

KOTAMOBAGU,JurnalBMR.com- Pemkot Kotamobagu kembali meraih penghargaan level nasional Kota Layak Anak (KLA) Kategori Madya sebagaimana pengumuman yang diikuti Walikota Ir. Tatong Bara melalui virtual pada kamis 29 Juli 2021.

Ada 5 daerah Kabupaten /Kota yang meraih penghargaan yaitu KLA Pratama Kota Manado, Tomohon dan Kabupaten Minahasa Tenggara tetapi KLA Madya hanya di Kota Kotamobagu dan KLA Nindya Kota Bitung.

Pemkot Kotamobagu meraih karegori Madya adalah penghargaan yang pertama kali setelah sukses meraih KLA kategori Pratama tahun 2018 di Surabaya dan 2019 di Makasar.

Penghargaan KLA diumumkan secara virtual, Kamis (29/7/2021). Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara, hadir dalam acara pengumuman yang juga dihadiri Menteri PPPA Bintang Puspayoga.

Walikota Tatong Bara mengikuti ajang penghargaan KLA dari Aula Rumah Dinas Walikota Kotamobagu didampingi Wakil Walikota Nayodo Koerniawan, Sekda Sande Dodo, para Asisten Setda Kotamobagu, Kadis PPPA Virginia Olii, serta Pimpinan SKPD lainnya.

Walikota Tatong Bara menyampaikan selamat kepada seluruh jajaran Pemkot Kotamobagu termasuk dari non pemerintahan, para media dan dunia usaha yang telah mengambil peran dalam mewujudkan Kota Kotamobagu sebagai Kota Layak Anak.

“Alhamdulillah Kota Kotamobagu tahun 2021 ini kembali mendapatkan penghargaan sebagai Kota Layak Anak kategori Madya.

Menurut Tatong Bara, hal Ini adalah penghargaan pertama dengan kategori madya kita peroleh.

Ada rasa syukur dan bangga karena penilaian dan evaluasi oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dilakukan di tengah pandemi Covid-19, dan Kota Kotamobagu masih tetap bisa meraih penghargaan ini,” tukas Walikota.

Kotamobagu Sukses Meraih KLA kategori Madya dari kementerian PPPA RI sehingga diharapkan ke depannya harus semakin terjalin komitmen yang kuat antara Pemda, Media dan dunia usaha lainnya supaya apa yang diraih tersebut dapat ditingkatkan lagi dimasa – masa mendatang.

Hal ini tentunya berkat kerjasama dan kerja keras seluruh komponen yang terlibat dalam dipenuhinya 24 indikator Kota Layak Anak termasuk 5 klastwe substantif konvensi Hak Anak, mulai dari Pemerintah daerah, forum anak , LSM, media massa dunia usaha maupun staqholder lainnya , tapi yang paling penting juga adalah dukungan seluruh masyarakat Kota Kotamobagu.

Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala upaya, kontribusi dan dukungan yang diberikan selama ini untuk daerah tercinta ini. Semoga ke depan semakin dapat kita sinergikan, sehingga terintegrasi semua program mulai dari perencanaan sampai evaluasi,” katanya.
Ia mengatakan KLA terwujud karena adanya dukungan dari berbagai pihak yang selalu menjadi penyemangat untuk terus meningkatkan prestasi dari waktu ke waktu.

“Tapi, yang paling penting adalah anak-anak kita bisa merasakan dampaknya dan memastikan anak-anak kita mendapat hak perlindungan,” jelas dia.

Sementara itu, Kepala Dinas PPPA Kota Kotamobagu Virginia Olii mengatakan, KLA madya sudah menjadi prestasi luar biasa, karena ini pertama kalinya.

“Kita berharap prestasi yang diraih tersebut bisa naik, tapi yang penting adalah bagaimana makna penghargaan ini, hak-hak perlindungan anak bisa didapatkan di Kota Kotamobagu,” sebutnya.

Diketahui, Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara mengikuti kegiatan virtual terkait pengumuman hasil penilaian KLA Tahun 2021. penghargaan tersebut merupakan apresiasi dari pihak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia kepada pemerintah Kota Kotamobagu, atas upaya dan komitmen Pemerintah Kota Kotamobagu dalam menjamin terpenuhinya hak anak dan perlindungan khusus anak.

“Diraihnya penghargaan ini juga atas dukungan dan dorongan dari Ibu Walikota Kotamobagu, Bapak Wakil Walikota Kotamobagu, Bapak Sekda Kota Kotamobagu, serta seluruh instansi yang terkait, penyerahan penghargaan dijadwalkan minggu ke 2 di bulan September 2021.

Peliput : Fecki Sajow