Oktober 22, 2021

Pemdes Purworejo Timur Gelar Syukuran Bersih Desa

BOLTIM – Bersih desa menjadi tradisi bagi Pemerintah desa Purworejo Timur Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur  (Boltim)

Kegiatan bersih desa ini di maknai  dalam arti syukuran atau meminta perlindungan kepada Tuhan agar desa dijauhi dari malapetaka dan meminta agar desa diberikan kemakmuran mulai dari tanah yang subur dan hasil panen masyarakat meningkat.

Sebagaimana yang di sampaikan  Jamaluddin Bahas Kepala desa Purworejo Timur Saat bersua media ini, Minggu( 4/7/2021).

Menurutnya acara bersih desa menjadi tradisi bagi masyarakat suku Jawa dan pemerintah desa,” Bersih desa di rangkaikan dengan melakukan syukuran desa karena memang semua masyarakat Jawa Ini menjadi satu rangkaian tradisi yang sudah lama diyakini oleh masyarakat dan pemerintah desa, agar desa menjadi makmur dan di jauhkan dari marah bahaya,serta selalu diberikan kemakmuran dan kesehatan,” katanya

Ia juga mengingatkan, Kepada generasi mendatang jangan pernah lupa orang tua kita dahulu yang telah berjuang untuk desa kita,” Mari kita selalu ucapkan syukur terhadap orang tua dahulu karena adat istiadat orang Jawa sampai hari ini selalu dikenang.

Bagi  generasi penerus saya menghimbau ayo kita harus lestarikan adat istiadat Jawa ini seperti semboyan toko nasional Bung Karno Jangan sekali – kali kita meninggalkan sejarah, ” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut Jamaludin Bahas juga menghimbau Kepada masyarakat untuk mendukung program pemerintah yakni melakukan vaksinasi covid 19 agar terhindar dari virus Corona.

Vaksin ini penting untuk di lakukan selain sebagai imun tubuh Untuk masyarakat harus divaksin karena untuk pengurusan administrasi harus menunjukan sertifikat vaksin.

Bagi Masyarakat yang belum di vaksin atau masih ditunda  harus ada surat dari dinas kesehatan karena sesuai dengan Perpres nomor 14 tahun 201,untuk covid 19 di Boltim sudah masuk zona Orange untuk itu saya sampaikan masyarakat jangan keluar rumah apabila tidak ada urusan penting sekali dan saya berharap masyarakat jangan anggap remeh tentang virus ini,” ujarnya Jamaluddin

Selain itu kepala desa Jamaluddin Bahas Mengingatkan, Apabila ada pekerjaan yang masuk diwilayahnya memakai alat berat harus melapor ke pemerintah desa,

“Bagi para pekerja jalan perkebunan kalau memakai alat berat harus melapor kepada pemerintah desa, jangan datang tanpa muka pulang tanpa punggung.

Ingat, kami pemerintah desa tidak mau disorot oleh warga dan pimpinan, kedatangan kalian takutnya hanya merusak jalan dan perkebunan,” “Tutupnya. ( Mukhlas)