Oktober 25, 2021

Pemdes Adow Selatan Gandeng Polres Bolsel Gelar Penyuluhan Dan Pendidikan Hukum

BOLSEL,JurnalBMR.com- Pemerintah desa adow selatan kecamatan pinolosian kabupaten bolaang mongondow selatan menggelar penyuluhan dan pendidikan hukum kepada masyarakat dan perangkat desa adow selatan pada Rabu 25 Agustus 2021.

Dalam acara penyuluhan ini pemdes adow selatan gandeng polres bolsel dan Cabjari dumoga untuk memberikan edukasi.

Wakapolres dalam sambutannya mengatakan penyuluhan dan pendidikan hukum kepada masyarakat dan perangkat desa ini penting untuk di lakukan sebagai edukasi terkait persoalan hukum dan pencegahannya.

Wakapolres juga menyampaikan kerukunan kekompakan dan kerjasama antara pemerintah dan lembaga agar tetap terus terjaga demi kelangsungan pembangunan di kabupaten bolsel umumnya dan desa adow selatan khususnya.

Adat istiadat harus terjaga dengan baik apalagi kabupaten Bolsel di huni oleh beberapa suku dan etnis yang semuanya punya adat istiadat yang kental, ” Imbuh Wakapolres.

Di tempat yang sama kacabjari Dumoga juga turut memberikan materi tentang pengelolaan dana desa yang benar.

Dana desa itu dananya dari rakyat dan Untuk rakyat sehingga pekerjaan dan pengelolaannya harus dapat di pertanggung jawabkan baik secara administrasi maupun fisik.

Masyarakat berhak mengawasi pekerjaan dan pengelolaan dana desa karena sumber dananya besar sehingga harus benar benar menyentuh kepada kepentingan masyarakat lebih khusus masyarakat desa adow selatan ” kata kacabjari.

Kacabjari juga sempat menyinggung soal maraknya kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan kasus kekerasan dan pencabulan anak di bawah umur masih sangat tinggi. Sehingga peran serta dari orang tua, pemerintah dan masyarakat benar benar di butuhkan.

Dalam kesempatan tersebut kacabjari juga mengajak kepada warga masyarakat adow selatan untuk bersama sama dengan pemerintah mencegah penyebaran covid 19 dengan mematuhi protokol kesehatan ketat.

Sementara itu sangadi adow selatan Sadipon Mongilong dalam sambutannya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran polres Bolsel dalam hal ini Wakapolres Kompol dadang suhendar dan kacabjari Dumoga yang telah meluangkan waktu hadir di desa adow selatan sehubungan dengan acara tersebut.

Pada kesempatan itu juga Sangadi mongilong sempat memaparkan bahwa keberhasilan pembangunan suatu desa¬† tidak luput dari peran serta dan dukungan masyarakat karena setiap jenis pembangunan apa saja di lahirkan dari musyawarah desa, ” Ucap Mongilong.

Sangadi juga menambakan bahwa¬† hukum adat dan hukum tertulis tidak bisa di pisahkan berdasarkan adat istiadat yg ada saat ini, karena keduanya bersinergi dalam hal pembangunan dan kemasyarakatan dan dengan semboyan itulah kita bisa bangun kekompakan dan kekeluargaan sehingga terciptalah desa yang aman dan bermartabat, ” tukas mongilong.*

 

Peliput : Tam Bahar

Editor : Asko