Oktober 22, 2021

Pembinaan Potensi Maritim, Lantamal VIII Gelar Pelatihan Babinptmar.

Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII pada hari Kamis 1 Juli 2021 membuka pelatihan Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) bertempat di Gedung Yos Sudarso, Markas Komando Lantamal VIII Jalan Yos Sudarso No.1 Kairagi Weru Paal Dua, Manado. Jumat (2/7).

Dalam sambutan Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya S.E., CFrA., yang dibacakan Wadan Lantamal VIII Kolonel Laut (P) Apriyani, S.H., M.M., M.Si., (Han)., CHMRP., M.Tr.Opsla, menyampaikan bahwa pelatihan Babinpotmar yang dilaksanakan selama satu bulan dan diikuti para Babinpotmar di jajaran Lantamal VIII ini merupakan bagian dari program peningkatan profesionalisme matra laut yang dilaksanakan setiap saat dan sepanjang tahun secara bertingkat dan berlanjut. Keberadaan Babinpotmar diharapkan dapat bersinergi dengan staf terkait yang merupakan stake holder dalam pembinaan dan pengembangan potensi maritim. Babinpotmar juga berperan dan bertanggung jawab terhadap potensi maritim yang dapat dijadikan sebagai potensi nasional guna mendukung pengendalian wilayah pertahanan negara dan keutuhan wilayah Indonesia

Lebih lanjut Danlantamal menegaskan bahwa Babinpotmar harus mampu menjadi ujung tombak dalam melaksanakan fungsi pembinaan potensi maritim dan mampu memberikan pengetahuan dalam rangka mengedukasi masyarakat pesisir tentang pertahanan laut melalui komunikasi sosial untuk membangun kemanunggalan TNI Angkatan Laut dan masyarakat maritim. Danlantamal VIII meminta kepada penyelenggara latihan agar seluruh rangkaian pelaksanaan latihan dilaksanakan dengan tahapan yang benar. “Jangan abaikan sasaran latihan dan metode latihan, tegas Danlantamal VIII.

Hadir pada acara tersebut Aspotmar Danlantamal VIII, Asops Danlantamal VIII, Asintel Danlantamal VIII, Kasatker dan Para Paban Staf Spotmar Lantamal VIII. (ara)