Oktober 19, 2021

H2M Kembali penuhi Janji Politiknya Di BMR, Bupati Bolsel Katakan Ini

BOLSEL,JurnalBMR.com- SNVT Pelaksa naan sumber air wilayah 1 dan selaku PPK sungai dan pantai II menggelar Sosialisasi dan peletakan Batu Pertama Pekerjaan Perkuatan Tebing Sungai Desa Dumagin, Kecamatan Pinolosian Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Tahun Anggaran 2021, Jumat (16/07/2021).

Pada kesempatan tersebut PPK sungai dan pantai II Rony rukson mengatakan, Paket Pekerjaan Perkuatan Tebing Sungai Dumagin ini pagu anggarannya sejumlah 28,3 Miliar dengan nilai kontrak sebesar 20,4 Miliar dan akan dilaksanakan oleh PT. Siltro Putra Mandiri.

Dalam pelaksanaan tahap kontruksinya, pekerjaan yang dilakukan meliputi CCSP (Corrugate d Concrete Sheet Pile) sepanjang 150 Meter, Tanggul Pasangan Batu Beton Bertulang, sepanjang 1.800- Meter, atau 1,8 KM dan Pasangan Batu Boulder dan Tanggul Tanah dengan panjang 1000,- Meter atau 1 KM, “Terangnya.

Kami berkomitmen tenaga Kerja yang akan terlibat dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan Perkuatan Tebing Sungai diambil dari tenaga kerja lokal agar perekonomian di dua desa Dumagin ini bisa ikut bergerak. Selain itu kami dari SNVT Pelaksanaan Jaringan Sumber Air Sulawesi I dan selaku PPK Sungai dan Pantai II, mengucapkan banyak terimakasih kepada anggota DPR RI, Komisi V, H.Herson Mayulu, SIP yang telah berjuang membawa anggaran sekaligus mengawal aspirasi masyarakat desa Dumagin A dan B sehingga paket kegiatan Perkuatan Tebing Sungai dengan pagu anggaran 28,3 Miliar ini bisa terlaksana, ” Ucapnya.

Bupati Bolaang Mongondow Selatan, H.Iskandar Kamaru, S.Pt yang hadir pada sosialisasi tersebut dalam sambutannya mengatakan,Semoga dengan adanya proyek Perkuatan Tebing Sungai Dumagin, desa Dumagin A dan B serta wilayah disekitarnya akan terhindar dari bencana banjir yang seringkali datang saat curah hujan lebat. Paket Pekerjaan Perkuatan Tebing Sungai Dumagin ini merupakan beberapa Mega Proyek yang masuk di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Salah satu yang lainnya adalah paket pekerjaan yang sama di Sungai Milangodaa dengan pagu anggaran sebesar kurang lebih 90 Miliar dan nilai kontrak pengerjaanya sebesar 70 Miliar.A

Bupati iskandar menambahkan anggaran APBN yang masuk ke Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan melalui perjuangan H.Herson Mayulu, SIP sangatlah besar. Angkanya berbilang ratusan Miliar. Selain Paket-Paket Pekerjaan besar kontraktual, ada juga kegiatan-kegiatan Padat Karya seperti P3TGAI, BSPS, KOTAKU dan PISEW.

Inilah gunanya ada anggota DPR RI yang mewakili kita. Kita akan dengan mudah mengusulkan dan mewujudkan berbagai aspirasi pembangunan yang kita butuhkan karena ada perwakilan kita yang bertarung dan memperjuangkannya di lembaga DPR RI.

Komitmen dan perhatian H Herson Mayulu, SIP terhadap Desa Dumagin dan Kecamatan Pinolosian Timur setelah terpilih menjadi anggota DPR RI tidaklah berkurang. Marilah kita syukuri bersama-sama. Dua periode menjadi Bupati, akses jalan ke Kecamatan Pinolosian Timur serta perbatasan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur melalui jalur Pakoba berhasil dibangun dengan aspal beton.

Kalau kembali ke masa itu, kita akan mengingat betapa menderitanya masyarakat desa Dumagin sampai ke Posilagon dan Iligon. Sekarang akses jalan telah terbuka, transportasi demikian mudah dan dengan demikian, kesehjateraan lahir maupun batin ikut meningkat. Semua itu berkat kepemimpinan H.Herson Mayulu, SIP. Kini setelah menjadi anggota DPR RI perhatian Herson Mayulu kepada kita semua tetaplah besar. Oleh sebab itu mari kita berdoa kepada Tuhan YME agar bapak Herson Mayulu selalu diberikan kesehatan dan memperoleh perlindungan dari Nya.

Saya juga berharap agar H.Herson Mayulu, SIP bersedia mencalonkan dan dicalonkan kembali pada periode berikutnya sebagai anggota DPR RI mewakil rakyat Sulawesi Utara, ” kata Iskandar menutup sambutannya.

Di tempat yang sama anggota komisi V DPR RI H.Herson Mayulu SIP dalam sambutannya menuturkan¬† Pembangunan Perkuatan Tebing Sungai Dumagin ini merupakan pemenuhan janji kampanyenya kepada masyarakat desa Dumagin A dan B, ” Alhamdulilah, di tahun ke-2 masa tugas saya sebagai anggota DPR RI, janji itu sudah dapat direalisasikan.

Pak Rony Rukson sebagai PPK Pelaksana paket pekerjaan harus bekerja dengan serius, sebab, pekerjaan ini agak terlambat dilakukan. Harusnya sudah dimulai dari bulan April lalu namun baru mulai dilaksanakan pada bulan Juli ini, sementara waktu pelaksanaannya hanya 240 hari kalender atau 8 bulan, karena direncanakan selesai pada 21 Desember.

” Insyaallah dengan adanya Pekerjaan Perkuatan Tebing Sungai Dumagin ini, masalah banjir yang bertahun-tahun menghantui masyarakat Dumagin segera terpecahkan.

Saya bersyukur desa Dumagin ini berkembang maju dengan cepat, bandingkan dengan 10 tahun yang lalu, tentu sangatlah jauh. Untuk ke Posilagon saja kita membutuhkan waktu 5 (lima) jam, namun saat ini kita jarak tersebut ditempuh dengan waktu yang demikian singkat

Tenaga kerja pada pekerjaan Perkuatan Tebing ini diluar tenaga kerja yang membutuhkan keahlian teknis memang sebaiknya harus diambil dari tenaga kerja lokal setempat, sehingga bisa membantu meningkatkan pendapatan mereka, ” tandasnya.

Herson melanjutkan, dalam proses pelaksanaan pembangunan Perkuatan Tebing ini, PPK dan masyarakat harus ikut mengawasi sehingga kualitas pekerjaannya benar-benar baik.

Setelah pekerjaan Perkuatan Tebing Sungai Dumagin ini rampung, pemeliharaan bangunannya harus diperhatikan betul sehingga terjaga dan tidak mengalami kerusakan. Jauhkan dari tangan-tangan yang berniat dengan sengaja merusaknya. Ini tanggung jawab bersama semua pihak termasuk masyarakat didalamnya.

Tahun depan kegiatan pekerjaan penahan ombak di desa Lion, Kecamatan Posigadan berhasil direalisasikan anggarannya, melengkapi paket pekerjaan Pemecah Ombak di desa Sinombayuga dengan pagu 7 Miliar lebih, Pemecah Ombak Desa Bakida juga senilai 7 Miliar lebih dan pemecah ombak desa Lungkap sebesar 7 Miliar lebih, yang terlebih dahulu dilaksanakan tahun ini.

” Kepada Balai Wilayah Sungai Sulawesi I dan SNVT Pelaksanaan Jaringan Sumber Air Sulawesi I melalui PPK Sungai dan Pantai II pak Rony Rukson saya menitip Perkuatan Sungai di desa Uuwan Kecamatan Dumoga Barat Kabupaten Bolaang Mongondow dapat segera dibangun secepatnya karena masyarakat setempat sangat membutuhkannya,” Pintahnya.

Mari ditengah-tengah Pendemi Covid 19 kita semua bisa menjaga diri kita agar terhindar dari penyakit tersebut. Yang belum divaksin segeralah ikut program vaksinasi pemerintah. Jangan percaya hoax. Vaksin tidak akan menyebabkan efek samping pada tubuh seseorang.

Hanya dalam pelaksanaan vaksinasi kita harus jujur menyampaikan kepada para petugas vaksin penyakit yang ada dalam tubuh kita, seperti Hipertensi, Diabetes, Jantung, Asam Urat, dan Ginjal, sehingga petugas dapat menganalisis apakah yang bersangkutan dapat menerima vaksin atau tidak. Olehnya peran pemerintah desa dalam mengedukasi masyarakat sangatlah besar, ” Tutupnya.*(TIM)

SUMBER : H2M Center_