Oktober 26, 2021

H2M Buka Sekolah Lapang Iklim (SLI) Tematik Pertanian

JAKARTA,JurnalBMR.com-Anggota Komisi V DPR RI, H. Herson Mayulu, SIP menghadiri secara Virtual sekaligus membuka secara resmi Pembukaan Sekolah Lapang Iklim (SLI) Tematik Pertanian Tahun 2021 Sulawesi Utara di Kab. Bolaang Mongondow Kec. Dumoga Utara, Kamis (30/09/2021)

Dalam sambutan secara virtual, Herson Mayulu menyampaikan BMKG merupakan salah satu badan mitra kerja Komisi V DPR RI yang strategis sebab memiliki program dalam menunjang program pembangunan pemerintahan Jokowi – Ma’ruf saat ini.

“Sekolah Lapang Iklim (SLI) salah satu upaya BMKG dalam meningkatkan literasi iklim dan desiminasi informasi iklim untuk pertanian, sesuai INPRES No 5 Tahun 2011, yaitu pengamanan produksi beras nasional dalam menghadapi kondisi ekstrim, selain itu juga SLI sejalan dengan program NAWACITA untuk mewujudkan kemandirian ekonomi Nasional” ucapnya.

Menurutnya (Herson, Kegiatan Sekolah Lapang Iklim di Propinsi SULUT telah dilaksanakan sejak pada tahun 2013, dan hari ini melalui Stasiun Klimatologi Minahasa Utara Kembali Mengadakan Sekolah Lapang Iklim Tematik di Kecamatan Dumoga Utara Kabupaten Bolmong yang kita tahu bersama merupakan salah satu lumbung beras dalam menopang kebutuhan pangan Propinsi Sulawesi Utara.

“saya berharap dengan berkumpulnya peserta dari beberapa kelompok tani yang ada di Bolaang Mongondow dapat menjadi perpanjangan tangan BMKG dalam menyebar luaskan pemahaman terkait informasi cuaca dan iklim yang sangat berpengaruh pada kondisi tanaman”.

Herson menambahkan, selaku Anggota Komisi V DPR RI dirinya akan selalu mengawal perikehidupan petani agar mampu mandiri dan berdikari menuju Indonesia swasembada pangan yang tangguh ” tegasnya…
“Akhirnya, saya sampaikan terimakasih kepada BMKG khususnya Stasiun Klimatologi Minahasa Utara, sembari berharap tetap konsisten dan berkelanjutan melaksanakan kegiatan seperti ini sehingga banyak petani nantinya dapat memahami dan memanfaatkan informasi iklim dalam menentukan kalender tanaman ” tutup Herson

Didalam kesempatan terpisah, Deputi BMKG yang diwakili oleh Marzuki, M.Si dalam sambutan menyampaikan bahwa metode kegiatan SLI kali ini adalah Kegiatan Interaktif dengan metode belajar sambil praktek (learning by doing) dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang terdiri dari 20 peserta Gabungan beberapa kelompok tani yang tersebar di wilayah Dumoga Utara dan 5 peserta lain dari penyuluh BPP Dumoga Utara dengan Tema Percepatan Pemanfaatan Informasi Iklim Di Tengah Masa Pandemi,

“Terima kasih atas atensi dan partisipasi Bapak H. Herson Mayulu, SIP yang telah memberikan motivasi kepada BMKG dan Stasiun Klimatologi Minahasa Utara sehingga kegiatan ini bisa terwujud, Singkat Marzuki

Diketahui, selain DEPUTI BMKG nampak terlihat turut hadir dalam virtual zoom tersebut Stasiun Klimatologi seluruh Indonesia, Balai Besar Wilayah IV, Peserta Sekolah Lapang Iklim dan Panitia*(TIM)