Oktober 19, 2021

Gugatan 3 Perangkat Desa Bakida Menang Di PTUN Manado

MANADO – Tiga orang Aparat Desa Bakida, Kecamatan Helumo, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara, yang di berhentikan kepala Desa, menang atas gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara PTUN Manado.

Hal ini dibuktikan dengan Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Mando, dengan nomor perkara : 6/G/2021/PTUN. Mdo, dan Perkara nomor: 7/G/2021/PTUN.Mdo. Putusan tersebut diucapkan dalam persidangan yang terbuka untuk umum melalui Sistem Informasi Pengadilan (E-Court) pada Hari Senin, tanggal 31 Mei 2021 oleh JUSAK SINDAR, S.H sebagai Hakim Ketua Majelis, ANANG SUSENO HADI, SH., M.H dan ANDI JAYADI NUR, S.H., M.H masing-masing sebagai Hakim Anggota dengan dibantu oleh OKTOFIEN W. MAKALEW, S.H sebagai Panitera Pengganti.

Demikian pernyataan Kuasa Hukum Penggugat, Rosiko Hadi SH. Kata Dia, putusan pengadilan atas gugatan yang di dampinginya sudah ada. “Putusan tersebut diucapkan dalam persidangan yang terbuka untuk umum melalui Sistem Informasi Pengadilan (E-Court),” Katanya.

Tak lupa Rosiko mengucap sukur atas dikabulkannya semua gugatan yang di ajukan. “Alhamdulillah, gugatan kami telah di kabulkan oleh Majelis Hakim,” tambahnya.

Dijelaskannya, pada putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Manado, mengabulkan semua tututan penggugat, dan menyatakan eksepsi tergugat tidak di terima untuk seluruhnya. “Pengadilan dalam Eksepsi pokok perkara, mengabulkan gugatan para penggugat untuk seluruhnya, menyatakan batal keputusan Tata Usaha Negara yang di terbitkan Tergugat yakni Keputusan Sangadi Nomor 11 tahun 2021 tanggal 19 Januari 2021, tentang pemberhentian perangkat desa Bakida. Mewajibkan kepada tergugat untuk memulihkan penggugat dalam keadaan semula, serta menghukum tergugat untuk membayar biaya yang timbul dalam perkara,” urainya.

Berikut Release yang di terima media ini.

Mengingat, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1986 Tentang Peradilan Tata

Usaha Negara jo. Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2004 Tentang Perubahan Atas

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1986 Tentang Peradilan Tata Usaha Negara jo.

Undang-Undang Nomor 51 Tahun 2009 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-

Undang Nomor 5 Tahun 1986 Tentang Peradilan Tata Usaha Negara serta peraturan

perundang-undangan lainnya yang berkaitan;

Dalam amar kesuluruhan Putusan 6/G/2021/PTUN .Mdo halaman 56, MENGADILI :

DALAM EKSEPSI : Menyatakan eksepsi Tergugat tidak diterima untuk seluruhnya;

DALAM POKOK PERKARA ;

Mengabulkan gugatan Para Penggugat untuk seluruhnya;
Menyatakan Batal Keputusan Tata Usaha Negara yang diterbitkan oleh
Tergugat yaitu :

Keputusan Sangadi Nomor 11 Tahun 2021, tanggal 19 Januari 2021
Tentang Pemberhentian Perangkat Desa Desa Bakida, Kecamatan

Helumo, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan atas Nama:

SYADARUDIN KADULLAH dari jabatan Kepala Seksi Pemerintahan Desa Bakida.
MUHAMMAD RIZAL MOODUTO dari jabatan Sekretaris Desa Bakida.
PERLIN KUKU jabatan Kaur Keuangan Desa Bakida.

Mewajibkan kepada Tergugat untuk mencabut Keputusan Sangadi Nomor 11 Tahun 2021 Tentang Pemberhentian Perangkat Desa, Desa Bakida, Kecamatan Helumo, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Mewajibkan kepada Tergugat untuk memulihkan Penggugat dalam keadaan semula seperti sebelum dikeluarkannya objek sengketa dengan cara menerbitkan Keputusan Tata Usaha Negara baru yang mengangkat kembali Penggugat sebagai Perangkat Desa dalam jabatan Kepala Seksi, Sekertaris Desa dan Kaur Keuangan Desa Bakida; ( TIM)