Oktober 22, 2021

Embung Desa Dan Flyng Fox Desa Mopait Potensi Wisata Baru warga BMR

BOLMONG,JurnalBMR.com- Desa mopait kecamatan Lolayan kabupaten bolaang Mongondow dikenal dengan desa adat yang cukup tinggi, Selain itu ternyata terdapat obyek hiburan wisata berupa Embung desa, dimana tempat tersebut menyediakan permainan seperti flyng fox yang sangat diminati oleh kalangan anak muda.

Setelah JurnalBMR.com melakukan penelusuran ternyata Embung desa jaraknya muda di tempuh karena jaraknya terbilang dekat tak jauh dari pemukiman warga.

Embung desa ini berada di perkebunan Nambu, Tepatnya di pinggir jalan akses ke wilayah monsi. Untuk akses ke wisata embung desa wahana hiburan ini,  masyarakat tak perlu jalan kaki karena sebagian jalan sudah di aspal hotmix sehingga memudahkan pengguna jalan baik kendaraan roda empat dan roda dua bisa langsung ke tempat wisata ini.

Sangadi (Kepala desa-red) desa mopait Ruslan Bonuot SE ketika bersua dengan media ini mengatakan, Pembangunan daerah Embung desa wahana wisata desa ini bersumber dari anggaran dana desa tahun 2019 lalu.

Menurut RB Sapaan akrab Sangadi merakyat ini, Bukan hanya wahana wisata yang di bangun namun pemdes mopait juga melepas ribuan bibit ikan dengan berbagai macam jenis ikan,  Ini bertujuan jika ikannya sudah besar pemdes berencana menggelar kegiatan lomba memancing dan disiapkan hadiah bagi pemenang lomba, ” terang Ruslan

Lebih lanjut kata Ruslan, embung desa ini dibuat atas dasar usulan masyarakat di Musdes dan dianggarkan dalam Dana Desa, Fungsi lain dari tempat wisata embung ini juga untuk menampung debit air agar pada saat musim kemarau bisa mengairi sawah warga sekitar, “Ucapnya.

Jika program Embung desa ini sudah jalan, dalam pengelolaanya nanti pemdes akan memberdayakan (Bumdes) Badan usaha milik desa untuk mengelolahnya agar managementnya  tertata dengan baik.

Pekerjaan Embung desa ini dilakukan 2 tahap yaitu sebagian dana desa tahun 2019 dan dilanjutkan sebagian dana desa tahun 2020, karena sebagian besar Dana Desa diprioritaskan dalam penanganan covid-19.

Untuk tahun ini juga dana desa masih diprioritaskan ke penanganan  Covid-19 intinya pemdes mopait menunggu petunjuk dari pemkab Bolmong dalam hal ini  DPMD, ” Tutup Ruslan.

 

Editor : Asnan kobandaha

Peliput : Midi Bonuot