Oktober 19, 2021

Dua Periode Menjabat Sangadi Adow Selatan, Ini Prestasi Sadipon Mongilong

BOLSEL,JurnalBMR.com- Mengabdi untuk desa kelahiran adalah impian semua orang, Karena dengan pengabdian kita dapat menyalurkan semua niat baik kita untuk desa tercinta.

Seperti yang di lakukan oleh sadipon mongilong Sangadi (Kepala desa-red) desa adow selatan kecamatan pinolosian tengah kabupaten bolaang Mongondow Selatan.

Sadipon Mongilong adalah Sangadi definitif pertama sejak di mekarkannya desa adow menjadi dua desa seperti sekarang ini.

Sadipon sendiri terhitung sudah dua periode menjabat sebagai sangadi adow selatan, Kedekatannya dengan warganya membuat dirinya semakin dicintai warganya.

Bukan hanya itu, Bahkan di mata perangkat desa adow selatan Sadipon di kenal ramah dan tak pernah membanding-bandingkan mana atasan dan mana bawahan, Intinya Sadipon bukan saja di kenal sebagai pimpinan tapi juga orang tua yang baik.

” Sosok sadipon adalah pemimpin merakyat meski di kenal tegas dalam tanggung jawab, beliau mengayomi masyarakat dengan Motto Mongondow yakni Mototompiaan,Mottotabian,Bo Mottotanoban dengan di bingkai bobahasaan dan mooakheran, Prinsip itulah yang di terapkan nya dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin desa adow selatan selama ini, ” Ungkap jaliati mokoginta sekdes adow selatan.

“Bagi kami Sangadi sadipon adalah sosok pemimpin yang ramah dan muda bergaul tapi beliau juga di kenal tegas dalam tugas, Karena baginya jabatan adalah amanah yang bukan saja di pertanggung jawabkan di hadapan masyarakat tapi juga di hadapan Allah SWT, ” Terang jaliaty.

Sadipon disebut oleh banyak kalangan sebagai sangadi pembangunan, Bagaimana tidak sejak dua periode menjabat sangadi dari segi pembangunan pemdes adow selatan dimulai dari angka Nol, dengan konsep dan niatnya yang baik satu persatu pembangunan fasilitas pemerintah dan tempat umum di tangan sadipon mulai di bangun.

Tak berhenti di situ semangat membangun sadipon terus dia kobarkan, tak tanggung-tanggung sadipon mampu membangun masjid lengkap dengan menaranya, Lapangan olahraga dan balai desa, Hebatnya semua itu di bangun dengan cara swadaya dan gotong royong.

Saat ini masih di bawah kepemimpinan sadipon warga masyarakat adow selatan Banyak menerima bantuan pembangunan baik yang bersumber dari APBD dan APBN. Tercatat hingga tahun ini sudah 35 unit program aspirasi H2M yang mampu di perjuangkan sadipon mongilong belum lagi pembangunan rumah dan jamban untuk warga miskin.

Membangun jalan rabat beton di wilayah pekuburan umum, dan membuka jalan baru akses pertanian di wilayah desa adow selatan, semua itu atas kerja keras dan kerja sama antara pemdes dan masyarakat adow selatan.

Masih di bawah kepemimpinan pula warga masyarakat adow selatan patut berbangga, Kenapa ? Karena di tangan sadipon mongilong desa adow selatan bisa sedikit lebih maju dari desa- desa lainnya di kabupaten Bolsel.*

 

Peliput : Thamrin Bahar.