Oktober 25, 2021

DPD 1 PG Sulut Di Duga Abaikan Instruksi SK DPP Golkar

BOLMONG, JurnalBMR.com : Dewan pimpinan pusat (DPP) partai Golkar telah mengeluarkan surat rekomendasi Persetujuan penggantian antar waktu pimpinan DPRD kabupaten bolaang Mongondow sisa masa jabatan 2019-2024 tertanggal 16 Juni 2021.

Dalam Surat Keputusan DPP golkar bernomor B-599/Golkar/VI/2021 tertanggal 16 Juni 2021 tersebut menetapkan dan menyetujui saudara Sulhan manggabarani SH sebagai pengganti antar waktu untuk menduduki pimpinan DPRD Bolmong sisa waktu 2019-2024 menggantikan almarhum Abdul Kadir mangkat.

Menariknya, hingga saat ini proses pelantikan terhadap Sulhan manggabarani SH belum juga berproses di DPRD Bolmong meskipun sudah hampir sebulan SK DPP Golkar yang di tanda tangani oleh ketum Golkar Erlangga Hartarto tersebut di terbitkan.

Hal ini tentunya mengundang pertanyaan dari pengurus, kader dan simpatisan partai Golkar Bolmong, Ada apa sehingga SK DPP Golkar tersebut belum juga terproses.

Informasi di dapat dari sumber resmi yang dapat di percaya SK DPP Golkar tersebut saat ini masih mengendap di DPD 1 PG Sulut.

Ketua AMPG Bolmong Ali Imran Aduka tak tanggung menyebut bahwa sikap DPD 1 Golkar sulut yang tak segera memproses SK DPP tersebut adalah sikap pembangkangan dan terkesan pandang enteng terhadap SK DPP Golkar.

Padahal menurut Ali Aduka SK DPP Golkar tersebut di tanda tangani langsung oleh ketua umum DPP Golkar Erlangga Hartarto,” Ujar Ali.

Sikap DPD 1 PG sulut ini kata Ali seakan tak menghiraukan atau mengabaikan keputusan DPP, Ini artinya loyalitas Ketua DPD 1 PG sulut dalam hal ini Cristiany euginia Paruntu (CEP) terhadap pimpinan lebih di atas dalam hal ini ketum Erlangga Hartarto di pertanyakan.

Ali menuding Sikap DPD 1 PG sulut yang belum memproses PAW pimpinan DPRD Bolmong adalah upaya untuk mengganjal Kader Golkar yang di rekomendasikan DPP Golkar.

” jangan-jangan mereka sudah masuk angin, ” Kata Ali Aduka.

PLT ketua DPD 2 PG Bolmong Ruby Rumpesak SH ketika di konfirmasi mengatakan, Hingga saat ini pihaknya belum menerima surat keputusan atau surat pemberitahuan dari DPD 1 Golkar Sulut tentang PAW pimpinan DPRD Bolmong.

Ruby menyebut mekanisme proses penggantian antar waktu (PAW) awalnya berproses di DPP Golkar, Selanjutnya SK DPP tersebut di kirimkan kepada DPD 1 Golkar provinsi Sulawesi Utara, dan yang terakhir DPD 1 meneruskan SK DPP ke DPD 2 Golkar, Belum pernah selama ini surat DPP Golkar langsung ke DPD 2 PG, ” Kilahnya.

Sementara itu Sekretaris dewan (Sekwan) Bolmong yarlis awaludin hatam ketika di konfirmasi mengatakan bahwa pihaknya sudah menerima surat pengantar dari DPD 2 PG Bolmong tentang Proses PAW Pimpinan DPRD Bolmong.

” iya benar, Kami sudah menerima surat pengantar dari DPD 2 PG Bolmong dan saat ini disposisi kami lanjutkan ke Ketua DPRD Bolmong Welty komaling, ” ucap yarlis.

Yarlis menambahkan untuk proses pelantikan Pimpinan DPRD Bolmong pihaknya masih menunggu petunjuk ketua DPRD Bolmong, karena pada dasarnya sekwan hanya turut memfasiitasi saja, Adapun kata yarlis terkait kisruh yang terjadi di kubu partai Golkar saat ini pihaknya tak ingin masuk ke ranah itu karena itu adalah urusan internal partai Golkar.

Namun yarlis berharap kisruh di internal partai Golkar tersebut akan segera berakhir agar proses pengisian PAW pimpinan DPRD Bolmong akan segera di laksanakan.* ( Asko)