Oktober 19, 2021

Diduga Bisnis Ilegal BBM Subsidi Tujuan Tumumpa, Nyasar Ke Lanud

BOLTIM,JurnalBMR.com– Bisnis BBM (Bahan Bakar Minyak) yang di duga milik inisial KA alias Afu warga Manado di Desa Lanut Kecamatan Modayag Kabupaten Boltim di duga menggunakan dokumen alamat palsu.

Hasil temuan investigasi awak media di peroleh informasi bahwa praktek jual beli solar yang diduga tak memiliki dokumen ini sudah berlangsung lama.

Salah satu sumber yang dapat di percaya membeberkan praktek penimbunan BBM jenis Solar oleh oknum Ko Afu sebagai pemasok solar ilegal di Desa Lanut rupanya berjalan mulus dan hampir tidak ada kendala dan tak terpantau APH padahal bisnis yang diduga ilegal ini sudah beberapa bulan di lakukan.

“Sejak lama sudah menjadi sorotan masyarakat, tetapi tidak ada penindakan dari aparat penagak hukum,” ungkap tokoh masyarakat Lanut, Rabu (01 September 2021).

Di tempat yang sama, tokoh masyarakat lainnya menimpali kalau aksi penimbunan solar biasanya dilakukan pada siang hari. Pun armada yang dipakai antaranya truk tangki ukuran 8000 liter.

Paling tidak setiap kali masuk dua truk tangki BBM jenis solar. Terinformasi solar bersubsidi itu di beli Ko’ Afu dari SPBU-SPBU kisaran harga Rp 6000 sampai Rp 7000 per liter.

Dalam dokumen sangat berbeda kendaraan truk tangki yang di gunakan PT.Sinar Binuang Amanah.(SBA) sedangkan dalam surat jalan mengunakan PT. Tiga Saudara Abadi dengan alamat tujuan berbeda.

Adapun alamat suplay BBM jenis solar kepada PT. Konstruksi Nusantara Gemilang akan di suplay ke alamat Lansot kema, dan suplay ke alamat gudang ko. Imen tumumpa tujuan ke Imanuel, semuanya nyasar ke Desa Lanut Kecamatan Modayag Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.*( Tim)