Oktober 26, 2021

Di Serbu Pengusaha Luar, Sangadi Lanud Sampaikan Ini

BOLTIM : Lokasi Tambang Desa Lanut, Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), memiliki wilayah yang cukup luas. terbukti ratusan pelaku usaha beraktivitas di lokasi pertambangan emas tersebut.

Demikian di sampaikan Kepala Desa Lanut, Stedie Donal Mumek, saat bersua dengan Media ini pada (12/07/2021), di kediamannya, Ada ratusan pelaku usaha yang bekerja di lokasi pertambangan desa Lanut. “Lokasi tambang Desa lanut, ada sekitar 215 Hektare yang memiliki izin, pelaku usaha yang beraktivitas, sekitar seratus lebih,” kata Sangadi Mumek.

Dijelaskannya, pelaku usaha yang beraktivitas tak semua warga dari Boltim, tetapi banyak juga dari luar daerah yang datang, untuk mengelola usaha di Tambang Lanut. “Sekitar 10 orang memiliki usaha yang cukup besar, sekitar 30 pelaku usaha pengolahan Tromol, dan sekitar 70 pelaku usaha yang mengelola usaha skala kecil, “urainya.

Stedi mengaku, jika para pelaku usaha tersebut, tak semua berasal dari daerah Bolaang Mongondow Timur. “Satu orang dari luar negeri, sekitar 30 orang dari luar daerah, dan sisanya dari wilayah Boltim,” terangnya.

Disinggung Lokasi Pertambangan yang dikelola, Sangadi Lanut mengaku jika lokasi yang dikelola mengantongi Izin. “Dari beberapa lokasi pertambangan emas Desa Lanut, ada sekitar 215 Hektare yang mengantongi Izin. itu dibawah naungan Koperasi KUD Nomontang,” tutupnya(Tim)