Oktober 25, 2021

Di Masa Pandemi, WNA Pekerja Tambang Lanud Asal China Terus Bertambah

BOLTIM,JurnalBMR.com – Warga Negara Asing (WNA), yang di duga asal China yang bekerja di pertambangan Desa Lanut, Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Mulai berdatangan. Dari jumlah sebelumnya hanya  tiga Orang, kini menjadi Lima orang. Di masa giatnya Pemkab Boltim menerapkan aturan di masa pandemi sempat muncul keresahan dikalangan masyarakat kenapa warga Asing  bisa lolos masuk ke wilayah boltim.

Informasi di dapat Akan para tenaga kerja asing tersebut dianggap telah memenuhi syarat, termasuk Vaksin Corona.

Kepala Desa Lanut, Stedi Donal Mumek, belum lama ini mengaku jika pihaknya sudah mendengar ada informasi orang asing masuk di pertambangan desa Lanut. “Iya informasi yang kami dapat, orang asing bertambah,” kata Kepala Desa belum lama ini.

Dia menjelaskan pihak pemerintah desa akan turun mengecek keberadaan para tenaga asing tersebut, termasuk berkas administrasi mereka. “Pemerintah Desa akan mengecek keberadaan mereka, termasuk apakah sudah di Vaksin atau belum,” urainya.

Terpisah Gina, salah satu karyawan di Perusahaan dimana WNA bernaung, saat dikonfirmasi media ini mengaku jika WNA yang bekerja di perusahaan mereka ada ketambahan Dua orang sehingga total WNA berjumlah Lima Orang. “Iya Pak, Semua sudah memenuhi persyaratan IMTA Dan Kitas, “kata Gina melalui Via Seluler pada 05/08/2021

Dia juga menjelaskan jika para Tenaga Asing tersebut sudah memenuhi aturan protocol kesehatan. “Dua orang sebelum ke Indonesia sudah di Vaksin di Cina dan mereka datang setelah lebaran , dan Tiga orang lainnya Vaksin Sinovac di Manado,dan semuanya sudah di vaksin dua kali,” ungkapnya.

Saat ditanyakan nama – nama WNA kata ibu gina tidak hafal semua namanya,
Diketahui Tenaga Asing berkerja sebagai Penambang di Lokasi pertambangan Desa Lanut, Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.*(Mukhlas)