Oktober 22, 2021

Di Duga Tak Melapor, WNA Asal China Di Lanud Terancam Di Usir

BOLTIM,JurnalBMR.com – Sebanyak Lima orang Tenaga Asing Asal China, yang beraktivitas di Tambang Desa Lanut, Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), terancam di di usir.

Pasalnya keberadaan ke Lima warga asing tersebut, tak pernah di ketahui pemerintah setempat atau tak pernah melaporkan keberadaan mereka di desa, dimana mereka tinggal.

Demikian pernyataan Kepala Desa Lanut, Stedie Donal Mumek, saat bersua dengan media ini pada Senin 23/08/2021. Dia mengaku jika tidak ada laporan terkait izin tinggal mereka. “Tidak ada laporan ke pemerintah desa, tentang izin tinggal mereka,” Kata stedi Mumek.

Stedi mengatakan jika sebelumnya Dia pernah mengurus izin tinggal para WNA yang beraktivitas di Tambang Lanut. “Tahun lalu, ada Enam Orang WNA yang beraktivitas. Mereka mengurus izin tinggal, selama setahun, dan itu sudah tidak di perpanjang,” tambah nya.

Di katakan Stedi, warga negara asing yang saat ini beroperasi, juga sebelumnya sudah pernah melapor. Dari Lima orang tenaga asing, Tiga diantaranya sudah pernah mengurus izin tinggal, tapi masa berlakunya sudah habis. Dan saat ini sudah ketambahan dua orang,” ungkapnya.

Dia menjelaskan jika tidak segera melapor maka demi kenyamanan bersama dirinya mengambil jalan dengan mengusir mereka dari desa Lanut.

” Ya, ” Jika tidak melapor dan mengurus dokumen domisili, maka akan diusir, karena ketika terjadi sesuatu, kami sebagai pemerintah desa, yang kena dampaknya,” tegas Sangadi Lanut.* (Muklas)