Oktober 19, 2021

Di Duga Palsukan Dokumen, Oknum Sangadi Ambang Dua Resmi Di Tahan Polres Bolmong

BOLMONG,JurnalBMR.com- Sangadi (Kepala desa-Red) desa ambang 2 kecamatan bolaang timur kabupaten bolaang mongondow OP alias Pudi akhirnya di tahan di sel tahanan Mapolres Bolmong pada Senin, 28/09/2021.

Ditahannya oknum Sangadi ambang 2 tersebut berdasarkan laporan polisi Nomor: LP/10/11/2021/RES/BM/SEK-BLG tertanggal 18 February 2021 yang di laporkan oleh salah satu desa Ambang Dua Frangky Laleno.

Anehnya pemindahan warga tersebut tak sesuai prosedur karena tak di ketahui yang bersangkutan apalagi alamat yang di tuju adalah Kairagi Manado padahal menurut pengakuan Franky dirinya tak pernah bermohon mengurus surat pindah dirinyapun tak punyak keluarga di kairagi.

Parahnya lagi tindakan pemindahan warga oleh oknum sangadi OP tersebut tak pernah di komunikasikan kepada sekretaris desa Fitria Paputungan.

Setelah di lakukan gelar perkara dan semuanya sudah memenuhi unsurĀ  pidana perkara maka dugaan tindak pemalsuan dokumen yang diduga di lakukan oleh oknum Sangadi ambang 2 telah ditingkatkan ke tahap penyidikan nomor: B/II/VI/2021.

Sementara itu camat bolaang timur Supriyadi dilapanga ketika di konfirmasi membenarkan informasi penahanan oknum sangadi ambang 2 tersebut.

” iya benar yang bersangkutan (Sangadi ambang 2-Red) sudah di tahan polres Bolmong Senin kemarin 27/09/2021 atas dugaan pemalsuan dokumen pemindahan warganya.

Lebih lanjut kata camat, ditahannya sangadi ambang 2 otomatis tak dapat menjalankan tugasnya sehingga untuk mengisi kevakuman dan memperlancar pelayanan kepada masyarakat pemerintah kecamatan bolaang timur mengangkat sekretaris desa Fitria paputungan sebagai PLH sangadi ambang 2 sampai menunggu proses penyidikan Sangadi ambang 2 yang sementara berproses di polres Bolmong.

Camat menghimbau kepada warga masyarakat ambang 2 agar tetap menjaga kantibmas dan tidak terprovokasi terhadap isue yang tidak dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya. Dan kepada PLH sangadi kiranya dapat menjalankan tugasnya dengan baikĀ  dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kapolres Bolmong AKBP DR Nova Irone Surentu SH MH ketika di konfirmasi membenarkan informasi penahanan oknum sangadi ambang 2 tersebut.

” Setelah melalui tahapan penyidikan tersangkah kami tahan untuk proses lebih lanjut dan pasal yang di sangkahkan adalah pasal 263 KUHP tentang pemalsuan dokumen dengan ancaman 6 tahun penjara.*(Midi)