Januari 19, 2022

Camat Dumoga Barat Tinjau Program Pamsimas Desa Matayangan

BOLMONG,JurnalBMR.com- Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) telah menjadi salah satu program andalan nasional (Pemerintah pusat dan Pemerintah Daerah) untuk meningkatkan akses penduduk perdesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat.

Di kabupaten bolaang Mongondow provinsi Sulawesi Utara, Desa matayangan kecamatan Dumoga barat adalah salah satu desa yang mendapatkan program yang bersumber dari dana APBN tahun 2021 tersebut.

Sebagaimana yang di sampaikan oleh sekdes matayangan Supriadi Mondo, “Alhamdulilah program air bersih yang menjadi kebutuhan hidup masyarakat dapat terealisasi, ” Ucap Supriadi.

Lebih lanjut supriadi mengatakan, keberadaan Pamsimas sangat dibutuhkan masyarakat matayangan yang masih kekurangan air apalagi di musim kemarau.  Menurutnya, Program Pamsimas ini telah direncanakan beberapa tahun lalu, namun baru terlaksana pada Tahun 2021.

Jika tidak ada air bersih, maka kesulitan akan timbul di masyarakat. Untuk itu, diharapkan sama-sama menjaganya agar bermanfaat.

“Saya berharap, keberadaan Pamsimas di Desa matayangan dapat dirawat dan difungsikan dengan optimal oleh masyarakat, ” Tukasnya.

Sementara itu camat Dumoga tenggara Malpin Dako SAP.MAP mengatakan air bersih adalah kebutuhan primer masyarakat sehingga keberadaannya sangat di butuhkan.

Saya menghimbau kepada masyarakat matayangan untuk bersama-sama dengan KKM (Kelompok keswadayaan masyarakat) menjaga dan merawat seluruh fasilitas Pamsimas. Ingat, Program Pamsimas ini di upayakan dengan memerlukan waktu dan pikiran serta tenaga yang luar biasa sehingga harus di jaga dan di rawat bersama, ” Terang Malpin Dako  yang belum lama ini dipercayakan bupati Bolmong sebagai PLT Sangadi matayangan.

Pantauan JurnalBMR.com Program Pamsimas desa matayangan sudah bisa di manfaatkan oleh masyarakat, Sedikitnya ada sekitar 30 unit meteran air yang saat ini sudah di pasang Tim KKM  matayangan.*(Asko)