Oktober 19, 2021

BPD Kopandakan II Gelar Rapat Paripurna LKPPD Sangadi Tahun 2020

BOLMONG– Badan Permusyawaratan desa (BPD)  desa kopandakan dua kecamatan Lolayan kabupaten bolaang mongondow menggelar rapat paripurna tentang Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LKPPD) Sangadi Kopandakan II Program Kerja Tahun Anggaran 2020 bertempat di balai desa kopandakan dua, Selasa,23/03/2021

Sekretaris desa ( Sekdes ) Kopandakan Dua Arhan Arief Bangki kepada media mengatakan bahwa, LKPPD akhir tahun anggaran adalah suatu keharusan sebagaimana diatur dalam Pasal 2 Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2016 tentang Laporan Kepala Desa, maka dalam menjalankan tugas, pada setiap tahun anggaran Kepala Desa berkewajiban membuat dan menyusun laporan pertanggungjawaban kinerja atas penyelenggaraan pemerintahan Desa, ” Ujarnya.

Selanjutnya kata Arief Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa akhir tahun anggaran disampaikan oleh Kepala Desa kepada BPD( Badan Permusyawaratan Desa) secara tertulis paling lambat 3 (tiga) bulan setelah berakhir tahun anggaran dan
LKPPD Sangadi Kopandakan II ini merupakan yang Ke -5 di masa pemerintahan Marwan palakum SH,dan di sampaikan  dalam Rapat Paripurna tahunan Pemerintah Desa dan BPD.

Lanjut Arief, Beberapa hal yang menjadi kesimpulan isi materi LKPPD akhir tahun anggaran 2020 Sangadi Kopandakan II untuk adalah sbb :
1. RKP Desa tahun anggaran 2020, tidak semua indikasi kegiatan dan paket kegiatan yang direncanakan dapat teranggarkan karena keterbatasan keuangan desa dalam penganggaran APBDesa tahun anggaran 2020 yang disebabkan adanya Refocusing anggaran ke kegiatan Pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa bagi 71 KPM selama 9 Bulan serta refocusing ke kegiatan Belanja Tidak Terduga yang merupakan kebijakan pemerintah pusat terkait upaya pencegahan dan penanggulangan pandemi COVID-19;

2. Pelaksanaan APBDesa tahun anggaran 2020 untuk SILTAP dan Tunjangan Sangadi, Perangkat Desa, Honorarium Kader Posyandu, KPM, Guru Ngaji, Guru Sekolah Minggu, Insentif PPKD, RT dan Sekretariat BPD telah menerapkan pembayaran Non Tunai atau Pembayaran Lewat Rekening Bank BNI an. Penerima bersangkutan. Progress fisik dan Non Fisik kegiatan yang bersumber dari Dana Desa mencapai 100%, kecuali Belanja Tidak Terduga menjadi SiLPA Kegiatan Rp10 Juta yang dikarenakan selama tahun 2020 tidak ada warga desa Kopandakan II yang dinyatakan positif COVID-19

3. Laporan Pelaksanaan BUMDES
BUMDES “BINA KARYA” Desa Kopandakan II dari 3 Unit Usaha (Unit Jasa Fotocopy, Unit Bengkel dan Unit Menjahit) untuk tahun buku 2020 berhasil memiliki Pendapatan usaha sejumlah Rp87.974.779,00 dengan kesimpulan Laporan Rugi/Laba menghasilkan Sisa Hasil Usaha (SHU) tahun buku 2020, sejumlah Rp35.903.965,00.

Sementara itu sangadi kopandakan dua Marwan palakum SH dalam di akhir penyampaiannya mengatakan bahwa
“Pemerintah Desa Kopandakan II, menyadari bahwa sebagai manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan tentunya Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa akhir tahun anggaran ini masih kurang lengkap bahkan jauh dari sempurna.

Namun kata Marwan meskipun demikian Pemerintah Desa Kopandakan II, yakin Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintahan/ LKPPD Desa akhir tahun anggaran ini sudah cukup mewakili dan dijadikan sebagai gambaran umum atas kinerja, dedikasi dan refresentasi dari Pemerintah Desa Kopandakan II pada tahun anggaran 2020 lalu dan semoga akan lebih baik pada tahun anggaran 2021.

“Seluruh apa yang kami  sampaikan saya kembalikan kepada hadirin Rapat Paripurna pada malam ini, terutama kepada BPD untuk mencermati serta membahas dan memberikan solusi Positif sebagai bahan bagi kami dalam menjalankan tugas, guna kemajuan Desa Kopandakan II yang kita cintai ini “tutup Marwan.

LKPPD ini tetap menerapkan protokol kesehatan Covid 19 dan di hadiri oleh anggota BPD kopandakan dua,Jajaran perangkat desa, Imam dan pegawai syar’i, Lembaga desa, Tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh perempuan. ( Asko)