Oktober 19, 2021

Bahas PETI, Polres Bolmong Gelar Pertemuan Dengan Pemkab Dan PT MEN

BOLMONG – Pemerintah kabupaten bolaang mongondow menggelar pertemuan dengan PT MEN ( Monumen Energi Nasional ) bertempat di aula kantor Mapolsek lolak kabupaten bolaang mongondow, pada Jumat 04/06/2021.

Pertemuan yang di fasilitasi oleh kepala kepolisian resort (Kapolres) Bolmong AKBP DR. Nova Irone Surentu SH.MH tersebut membahas tentang aktifitas PT MEN Yang saat ini sedang melakukan eksploitasi di wilayah hukum kabupaten Bolmong.

Kapolres Bolmong AKBP DR.Nova irone Surentu SH.MH mengatakan tujuan di laksanakannya pertemuan tersebut untuk membahas permasalahan PETI yang saat ini marak di desa Totabuan kecamatan lolak Bolmong.

Nova mengatakan bahwa saat ini banyak warga yang melakukan aktifitas di wilayah ijin PT MEN. Sehingga untuk mencari solusi hari ini Pihak polres dan pemerintah kabupaten Bolmong mengambil langkah menggelar pertemuan ini.

” Di sini juga hadir perwakilan PT MEN kami berharap agar pihak PT MEN dapat menyampaikan apa keinginan mereka, ” ucap Nova.

Sementara itu PT MEN melalui Pak Wahyu mengatakan bahwa pada dasarnya perusahaan punya itikad baik terhadap warga namun harus melalui persetujuan bersama.

Saat ini banyak warga yang tidak memiliki ijin melakukan aktifitas PETI di wilayah ijin PT MEN untuk itu melalui pertemuan ini pihak PT MEN menawarkan bentuk kerja sama kepada warga yang ingin beraktifitas, ” ujar Wahyu.

Wahyu menambahkan perusahan akan menawarkan kerja sama dan siap merangkul warga dengan pembagian Fee 80 % dan 20% untuk perusahaan dengan ketentuan Warga akan bekerja di Lokasi HPL perusahaan dan seluruh hasil emas akan di jual ke pihak PT MEN. Dan jika ini tak di lakukan maka hasil kesepakatan di nyatakan batal, ” Tandasnya.

Assisten 2 pemkab Bolmong Jainudin Paputungan dalam pertemuan tersebut mengatakan Pemkab Bolmong berharap agar keputusan pertemuan tersebut dapat di sosialisasikan kepada masyarakat dan berharap agar tidak ada konflik antara pihak Perusahaan dan masyarakat, ” harapnya.

Dalam pertemuan tersebut tetap di terapkan protokol kesehatan Covid 19, adapun yang hadir yakni Asisten 2 Bolmong Jainudin Paputungan, kadis DLH Drs Yahya Fasa, Kadis Perdagangan Dan ESDM Ramlah mokodongan, Kapolres Bolmong AKBP DR.Nova Irone Surentu SH.MH, Wakapolres Bolmong Kompol J Lapian S.sos dan jajaran polres Bolmong, Managemen PT MEN, camat Lolak Junius mokoginta dan Sangadi Desa Totabuan. ( Asko)